You are here
Home > Berita Ranting > KWARRAN KOTABARU SELENGGARAKAN KARANG PAMITRAN

KWARRAN KOTABARU SELENGGARAKAN KARANG PAMITRAN

PRAMUKANEWS.COM | KOTABARU — Sejak pagi hari, Kompleks Kantor Kecamatan Kotabaru riuh ramai oleh para peserta Karang Pamitran Pembina Pramuka Kwartir Ranting Kotabaru. Kegiatan yang dilaksanakan mulai dari hari Jumat sampai dengan hari Sabtu (10-11 Maret 2017) telah resmi dibuka oleh Camat Kotabaru selaku Kamabiran. Diikuti oleh  75 orang Pembina Pramuka Siaga dan Penggalang perwakilan dari Pangkalan SD/MI se-Kwartir Ranting Kotabaru, kegiatan ini berlangung dengan meriah.

Karang Pamitran Pembina Pramuka ini merupakan salah satu Program Kegiatan rutin dari Kwartir Ranting Kotabaru. Kak Nanang Adhuri selaku ketua pelaksana menyebutkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan menyetarakan pemahaman para pembina mengenai materi dan teknik kepramukaan, selain itu juga sebagai sarana silaturahim antara para pembina beserta para Andalan di lingkungan Kwartir Ranting Kotabaru.

Sejumlah materi kepramukaan disampaikan oleh para Pelatih dari Pusdiklatcab Karawang, diantaranya materi Tata Upacara Pembukaan dan Penutupan Latihan, Sistem Administrasi Gugusdepan, Penjelasan AD/ART, Pasang Bongkar Tenda, Survival, Teknik Kepramukaan dan Permainan bagi Siaga dan Penggalang. Materi-materi tersebut diberikan sebagai bekal bagi para pembina untuk diajarkan kembali kepada peserta didik di pangkalannya masing-masing.

Para peserta tampak terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. “Pembekalan seperti ini sangat dibutuhkan oleh kami untuk bisa membina peserta didik lebih baik lagi”, ucap kak Walem, salah satu peserta perwakilan dari Pangkalan SDN Pangulah Selatan II. Menurutnya kegiatan Karang Pamitran sangat memberikan manfaat bagi para pembina, karena selain untuk menambah ilmu baru, dengan mengikuti kegiatan seperti ini juga  bisa saling mengenal antar sesama pembina.

Ketua Kwartir Ranting Kotabaru, Kak Kamaludin berharap melalui kegiatan Karang Pamitran ini, pengalaman dan pengetahuan para pembina menjadi bertambah, sehingga potensi kepramukaan peserta didik di lingkungan Kwartir Ranting Kotabaru juga ikut meningkat. “Semoga para pembina termotivasi untuk terus mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki”, imbuhnya.

[Awal | Kontributor 034]

Top