You are here
Home > Berita Cabang > PRAMUKA BAKTI HUSADA TEGAL PANTAU JENTIK NYAMUK

PRAMUKA BAKTI HUSADA TEGAL PANTAU JENTIK NYAMUK


PRAMUKANEWS.COM | SLAWI – Satuan Karya Pramuka Bakti Husada Kwarcab Tegal Minggu (5/3) lalu memberi pembekalan aksi pencegahan penyakit Demam Berdarah yang masih banyak kasusnya.

 

Pembekalan yang kemudian dilanjutkan praktek pemeriksan jentik nyamuk di Dessa Tembok Lor Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal itu dipantau langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr. Hendadi Setiadji.MKes selaku Ketua Mabisaka.

 

Sesepuh Pramuka SBH, dr Bimo Bayuadji yang turut dalam kegiatan mengemukakan, fokus pemantauan itu dilakukan anggota Pramuka di tempat penampungan air bersih, kamar tidur serta genangan air di halaman rumah.

 

“Dari pemantauan tersebut ternyata beberapa rumah penduduk masih ada yang mengandung jentik jentik nyamuk,” katanya

 

Untuk itu, lanjut dr Bimo, para pramuka Saka Bakti Husada meminta agar pemilik rumah rajin menguras bak penampungan air seminggu sekali. “Mereka juga membagi-bagikan serbuk Abate sebagai zat anti jentik dan memasang stiker cegah Demam Berdarah,” terangnya

 

Menurut Kepala Puskesmas Adiwerna dr. Sarmanah, kegiatan pramuka tersebut kedepan juga akan dilanjutkan dengan pemantauan penderita yang kemungkinan mengidap tuberkulosa/ TBC.

 

“Kegiatan kali ini diikuti sekitar 54  pramuka penegak Bakti Husada peduli kesehatan,” ujarnya

 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal dr Hendadi Setiaji,MKes menyampaikan apresiasi dan kagum, karena selain dari Adiwerna ada juga pramuka yang ikut dalam kegiatan tersebut yakni dari kecamatan Jatinegara yg berjarak 25 km. “Salut untuk Pramuka SBH, atas partisipasinya termasuk dari Jatinegara. Meski jauh, tapi tetap semangat,” ungkapnya. (Has@n)

Top