You are here
Home > Berita Cabang > PASCA BANJIR BANDANG, PRAMUKA KWARCAB SUMBAWA DAMPINGI FAHRI HAMZAH DALAM KUNJUNGAN KERJA DI SUMBAWA

PASCA BANJIR BANDANG, PRAMUKA KWARCAB SUMBAWA DAMPINGI FAHRI HAMZAH DALAM KUNJUNGAN KERJA DI SUMBAWA

PRAMUKA NEWS.COM l Sumbawa Besar – Bapak Fahri hamzah, Wakil Ketua DPR RI melakukan kunjungan kerja ke sumbawa dalam rangka rekontruksi pasca banjir bandang sumbawa yang terjadi sebulan lalu. Kunjungan yang dilakukan pada selasa pagi (07/03) di terima oleh sekretaris daerah yang dalam hal ini mewakili bupati dan wakil bupati sumbawa yang sedang berada di luar daerah. Penerimaan dilakukan di ruang rapat kantor bupati sumbawa bersama dengan TAGANA, PMI, BPBD, dan Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Sumbawa yang telah sigap membantu dalam penanganan banjir bandang di sumbawa.

Dalam sambutannya Bapak Fahri Hamzah yang juga merupakan putra asli sumbawa ini memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pramuka yang dengan inisiatifnya telah banyak berbuat dalam penanganan banjir bandang di sumbawa. Sebagaimana disadari bahwa pemerintah daerah tidak bisa bergerak sendiri tanpa pergerakan berbagai pihak, oleh karena itu dibutuhkan bantuan dari relawan seperti Pramuka yang dengan inisiatif sendiri untuk turun bersama-sama saling membantu korban yang terkena dampak banjir.

Selain itu, Kak Sukarman Djayadi yang merupakan koordinator lapangan pramuka peduli kwarcab sumbawa mengatakan bahwa pramuka peduli telah terjun dilapangan dari hari pertama pristiwa banjir bandang. Berbagai upaya ditangani oleh pramuka peduli kwarcab sumbawa seperti evakuasi korban, membuka posko penyaluran bantuan, dapur umum, penggalangan dana, dan hingga pasca banjir tim pramuka peduli melakukan kuras sumur warga yang terendam banjir. Tentunya kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan oleh anggota satgas pramuka peduli, namun juga melibatkan andalan kwarcab, kwarran, Pembina, DKR, DKC, dan pramuka penegak ambalan. Tidak ada perintah dalam aksi ini, semua anggota pramuka dengan inisiatif sendiri untuk ikut terjun membantu para korban. Sebagai aksi kepedulian, posko pramuka peduli yang dibuka selama 2 minggu telah mengumpulkan bantuan sejumlah Rp. 150.000.000 yang diperoleh dari sumbangan organisasi, komunitas, perusahaan, hingga masyarakat umum. “Kami tidak menyangka sumbangan yang terkumpul selama 2 minggu bisa mencapai angka ratusan juta, tentunya ini atas kepercayaan masyarakat kepada pramuka untuk menyalurkan bantuan yang mereka berikan” Ujar Kak Sukarman Djayadi yang akrab disapa Kak Djay.

Kemudian setelah penyambutan Fahri Hamzah di kantor bupati sumbawa, Rombongan Pemda, PMI, TAGANA, BPBD, dan Pramuka Kwarcab Sumbawa bersama Bapak Fahri Hamzah mengunjungi tempat-tempat terkena banjir. Dimulai dari kunjungannya ke jembatan Karang Cemes, kemudian ke Jempatan Brang Bara, selanjutnya ke Jembatan Brang Biji, dan kunjungannya berakhir di desa sebewe dan tahan untuk memberikan bantuan buku dan sepatu kepada siswa SD di desa tersebut.

Pramuka Kwarcab Sumbawa berharap dengan kehadiran Bapak Fahri Hamzah ke Sumbawa dapat memberikan solusi penanganan akhir pasca banjir, serta melakukan upaya rekontruksi atau pemulihan kembali dampak banjir yang masih tersisa, seperti perbaikan tanggul, jembatan, perumahan, serta lahan pertanian (ANAN / DKC Sumbawa).

Top