You are here
Home > Berita Gudep > Kemeriahan BARAKUTIKRENAKA 5 Pramuka SMA Negeri 2 Cianjur

Kemeriahan BARAKUTIKRENAKA 5 Pramuka SMA Negeri 2 Cianjur

PRAMUKANEWS.COM | Sabtu, 04 Pebruari s/d Minggu, 05 Pebruari 2017 Cianjur digemparkan oleh sebuah event perlombaan besar bernama Barakutikrenaka. Barakutikrenaka merupakan singkatan dari “ Bangkitkan Pramukaku Tingkatkan Prestasi dan Kreatifitas Anak Pramuka” yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Ambalan Ariakusumaningrat – Dewi Sartika ( 01159 – 01160 ) Pangkalan SMA Negeri 2 Cianjur.

Barakutikrenaka merupakan sebuah event perlombaan yang dikhususkan bagi Pramuka Penggalang tingkat SLTP/MTS yang berada di Kwartir Cabang Cianjur. Pertamakali dicetuskan oleh Kak Septian pada tahun 2009 yang mana merupakan Pradana Putra yang menjabat di Dewan Ambalan saat itu. Pada awal pencetusannya diberi nama “Barakutripitaka” yang dilaksanakan pada tahun 2009, Barakutripitaka yang pertama dapat menarik 10 Pangkalan SLTP/MTS di Wilayah Kwartir Cabang Cianjur.

Seiring berjalannya waktu mengalami perubahan nama pada tahun 2017, yang mana merupakan pelaksanaan yang ke-5 dengan nama “Barakutikrenaka”. Perubahan nama yang dilakukan berdasarkan rekomendasi dari Kwartir Cabang Cianjur dengan alasan yang tidak dapat disampaikan, namun perubahan tersebut tidak merubah kepanjangan dari nama perlombaan dan tidak menurunkan minat para peserta untuk mengikutinya*).

Dibuka langsung oleh Mabigus SMA Negeri 2 Cianjur, Kak Agam Suprianta, S.Pd,MM pada Sabtu, 04 Pebruari 2017 Pukul 08.00 WIB, acara ini berlangsung dengan meriah, dalam pelaksanaannya Sangga Kerja Barakutikrenaka 5 menyuguhkan konsep yang menarik dan berbeda sehingga dapat menarik lebih dari 60 regu pramuka penggalang yang berasal dari 28 Pangkalan SLTP/MTS. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa dalam sejarah pelaksanaan Barakutikrenaka, karena terjadi peningkatan minat keikutsertaan peserta yang sangat drastis.

“Barakutikrenaka 5 ini menyajikan konsep yang unik dan berbeda sehingga dapat menarik minat peserta yang cukup banyak, selain itu kami juga melakukan aktualisasi penggunaan teknologi dan media dalam beberapa aspek kegiatan yang dilaksanakan” ujar Fahmi Idrus Al-Jufri selaku Ketua Sangga Kerja Barakutikrenaka 5.

Event yang menjadi Program Kerja tahunan Ambalan Ariakusumaningrat – Dewi Sartika ini juga dihadiri oleh Civitas Akademik SMA Negeri 2 Cianjur, para pembina masing-masing peserta, alumni dan tamu undangan dari Satuan Karya, Pramuka Pewarta Cianjur, Dewan Kerja Ranting, Dewan Kerja Cabang serta beberapa Intansi yang memegang peran sebagai Stackholder dalam acara ini. Acara Barakutikrenaka 5 diselenggarakan dengan 3 perlombaan inti, yaitu Wide Game, Putra Putri Pramuka, dan Lomba Kreasi Variasi Baris-Berbaris Tongkat ( LVKBBT ), namun dari tiga lomba inti tersebut dimasukan juga beberapa lomba sisipan diantaranya, Lomba Video Putra Putri Pramuka, Lomba Foto Selfie/Groupie terbaik, dan Lomba Foto Sosial Media terbaik yang diperuntukan bagi setiap orang yang hadir dalam acara Barakutikrenaka 5.

Ditutup pada hari Minggu, 05 Pebruari 2017, Pukul 15.30 WIB langsung oleh Kak Rakhmat Kurniadi, S.Pd selaku Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 2 Cianjur sekaligus pemberian penghargaan dan hadiah kepada para Peserta yang ikut serta dan menjadi juara dalam acara Barakutikrenaka 5.

 

Oleh : Riki Aditia Irawan | Kontributor 017

Top