You are here
Home > Berita Cabang > Kwarcab Banyumas Beri Penghargaan Pembina Berdedikasi

Kwarcab Banyumas Beri Penghargaan Pembina Berdedikasi

PRAMUKANEWS.COM |BANYUMAS : Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Banyumas, melakukan seleksi kepada seluruh pembina pramuka di Kwarcab Banyumas. Mereka berhak menyandang Pembina Pramuka Berdedikasi Tingkat Cabang Banyumas Tahun 2016.

Wakil Ketua III Bidang Binawasa Kak Adi Suroso, S.Pd mengatakan, seleksi ini, sebagai evaluasi sekaligus memberi penghargaan kepada para Pembina yang benar benar melakukan pelatihan pramuka kepada anak didiknya. “Kalau setiap tingkatan pramuka ada lomba, agar memotivasi pembina, maka diadakan seleksi, kepada semua Pembina pramuka,” kata Kak Adi usai upacara penutupan Lomba Tingkat III, Rabu (21/12) di Baturraden.
Kak Adi menambahkan seleksi diawali dengan pengumpulan berkas administrasi, yang meliputi pendidikan kepramukaan yang diikuti, surat keputusan tentang jabatan pembina, prestasi anak didik dan lain sebagainya. Setelah pengumpulan berkas, Tim seleksi yang terdiri dari Bidang Binawasa dan Pusdiklatcab menentukan masing-masing 3 pembina putra dan putri terbaik, untuk dipilih menjadi yang terbaik.
Setelah ditentukan 6 terbaik itu, para Pembina diminta untuk melakukan presentasi, dihadapan tim seleksi dan 53 pembina pendamping yang mengikuti LT III. 
“Keberhasilan untuk menjadi pembina berprestasi, selain administasi, presntasi juga output dari pembinaan yang dibuktikan dengan prestasi yang diperoleh dari anak didiknya” tambah Kak Adi.
Pada akhir penilaian Kwarcab Banyumas menetapkan Pembina Pramuka Berdedikasi Tahun 2016, untuk Pembina Putra, Terbaik I Kak Agus Priyanto, A. Ma Pd Pangkalan SMP Negeri 2 Cilongok, Terbaik II Kak Rochmanto, S.Pd Pangkalan SD Negeri I Kotayasa Kwarran Sumbang dan Kak Suwarta, S. Pd Pangkalan SMP Negeri 9 Purwokerto Kwarran Purwokerto Utara.
Sedangkan Pembina Putri Terbaik I Kak Ani Nurhayati, S.Pd Pangkalan SMP Negeri 2 Cilongok, Terbaik II Kak Etik Lathifah, S.Pd Pangkalan SD N 2 Bangsa Kwarran Kebasen dan Terbaik III Kak Sulis Priyani, S.Pd SD N1 Limpakuwus Kwarran Sumbang.
Kak Agus Supriyanto sebagai Pembina Berdedikasi terbaik I mengaku bangga mendapat amanah itu. Menurutnya tanggung jawab yang diembanya justru menjadi berat dengan predikat itu. “Semoga menjadi pemicu untuk melatih dan membina adik-adik menjadi lebih baik lagi,” katanya.
Agus juga berharap, seleksi ini juga akan memotivasi pembina lain untuk terus bersemangat dalam kegiatan pembinaan kepramukaan. “Yang lebih membanggakan adalah penghargaan diserahkan oleh Ketua Kwarda 11 Jawa Tengah,” tambahnya.
Parsito Redaksi030

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top