You are here
Home > Berita Cabang > ​Kwarcab Pramuka Tegal Adakan Pelatihan Kehumasan

​Kwarcab Pramuka Tegal Adakan Pelatihan Kehumasan

PRAMUKANEWS.COM | SLAWI – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tegal akan mengadakan Pelatihan Kehumasan bagi Humas Pramuka di Kwartir Ranting, Satuan Karya dan Satuan Komunitas se Kabupaten Tegal. Direncanakan pelatihan akan digelar selama 2 hari Sabtu (3/12) hingga Minggu (4/12) di Sanggar Pramuka setempat.
Wakil Ketua Kwarcab Bidang Humas Abdimas, Drs H Waudin,M.Si melalui Sekretaris Bidang Humas, Teguh Herdi Sancoyo,S.Pd,MM mengatakan, pelatihan Kehumasan dimaksudkan untuk membekali dan mempersiapkan Humas Pramuka diberbagai pangkalan agar lebih mengenal bidang jurnalistik, kehumasan, dan mengerti cara-cara penulisan yang baik sesuai dengan kaidah Jurnalistik.
“Dengan pelatihan ini diharapkan para Humas Pramuka memiliki ilmu jurnalistik dan kehumasan, sehingga bisa menjadi corongnya Pramuka dalam mempublikasikan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kwarran, Satuan Karya maupun Satuan Komunitas diwilayah / pangkalannya masing-masing,” katanya kemarin.
Dia mengakui, hingga saat ini para Humas Pramuka masih belum banyak mempublikasikan kegiatannya, sehingga perlu diadakan pelatihan ini guna memberikan pengetahuan dan ketrampilan tersebut. “Kegiatan ini kita jadikan momentum untuk mengajak para Humas Pramuka untuk memulai menulis khususnya tentang kepramukaan. Karena pada hakikatnya setiap Pramuka adalah kantor berita,” ujar Teguh.
Panitia Pelatihan Kehumasan, Iman Teguh Supriyono mengemukakan, pelatihan Kehumasan akan diikuti sedikitya 50 peserta yang berasal dari unsur Satuan Karya (SAKA) Cabang, Satuan Komunitas (Sako) Pramuka tingkat Cabang,Humas Kwarran dan anggota Dewan Kerja Ranting (DKR) se Kwartir Cabang Tegal.

 

“Untuk latihan awal menulis, peserta kami syaratkan untuk membuat tulisan / press reales seputar kegiatan yang dilakukan di satuan / pangkalannya,” terang Iman Teguh 
Iman Teguh yang juga Humas Kwarcab Tegal, menambahkan, dalam pelatihan tersebut, pihak Kwartir Cabang Tegal bakal menghadirkan sejumlah Narasumber yang berkompeten dibidangnya diantaranya Harian Radar Tegal, Suara Merdeka dan Bagian Humas Pemkab Tegal.
“Untuk materi pelatihan antara lain Jurnalistik, menulis berita, Undang-Undang Pers, Kode Etik Jurnalistik, Kehumasan dan Protokoler,” imbuhnya. 
Dia berharap, Kwartir Ranting, Satuan Karya dan Satuan Komunitas dapat mengirimkan semua perwakilannya dalam pelatihan tersebut. “Harapannya semua Kwarran, Saka maupun Sako dapat mengirimkan peserta. Sehingga kedepan, peran dan fungsi humas akan lebih meningkat lagi,” pungkasnya. (Humas)

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top