You are here
Home > Berita Cabang > ​Dandim Ajak Pramuka dan Pemuda Jaga NKRI

​Dandim Ajak Pramuka dan Pemuda Jaga NKRI

PRAMUKANEWS.COM | SLAWI – Komandan Kodim 0712 / Tegal, Letkol (Inf) Hari Santoso,S.Sos mengajak anggota Pramuka, pelajar dan segenap komponen Pemuda Kabupaten Tegal untuk menjaga keutuhan NKRI. Hal itu disampaikan oleh Dandim Tegal dihadapan ratusan Peserta Sosialisasi Undang-Undang Kepemudaan dan Gerakan Pramuka tingkat Kabupaten Tegal di Gedung Korpri Slawi, Kamis (24/11) lalu. 

Dengan membawakan materi yang mengusung tema “Mari Kita Berjuang & Bergotong Royong Mewujudkan Indonesia sebagai Bangsa Pemenang”. Sosialisasi diikuti oleh 125 peserta dari Unsur Pramuka Kwarcab Tegal, Komponen Pemuda yang tergabung dalam KNPI, RMI, Ansor, Pemuda Muhamadiyah, FKPPI, IPNU dan IPPNU.
Dandim Tegal, Letkol Hari Santoso mengatakan, perspektif ancaman itu berpotensi dialami oleh bangsa Indonesia saat ini, yaitu diawali dengan menurunnya produksi minyak yang menyebabkan krisis ekonomi yang tak sebanding dengan meningkatnya kejahatan dan konflik yang bermula pada persaingan global.
“Hal ini dipicu lagi dengan berbagai ancaman yang harus benar-benar kita perhatikan, baik itu gangguan keamanan, ancaman pertahanan, persaingan ekonomi, dan ancaman bahaya narkoba,” katanya.
Menurut Hari Santoso, semua kejadian dalam negeri akan dimanfaatkan untuk menggoyang Indonesia. Hal tersebut dikarenakan Indonesia memiliki sumber pangan, air dan energi yang melimpah. Sehingga, hal tersebut dijadikan dasar untuk melemahkan kehidupan berbangsa dan bernegara.
“Untuk itu generasi muda harus bersatu, saling bahu membahu, bergotong-royong, meninggalkan segala egonya masing-masing. Jangan mudah terprovokasi, terpecah belah dan terhasut oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan ingin memecah belah bangsa Indonesia,” tandasnya.
Dandim berharap generasi muda untuk ikut andil dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena, menjaga NKRI ini bukan hanya menjadi tugas TNI semata, melainkan tugas seluruh rakyat Indonesia termasuk didalamnya generasi muda anggota Gerakan Pramuka.
“Generasi muda adalah tulang punggung dan pemersatu bangsa, bersama seluruh lapisan masyarakat berjuang kita akan menjadi bangsa pemenang. Selamat Berjuang dan Bergotong Royong Untuk Menjadikan Indonesia sebagai Bangsa Pemenang,” pungkasnya. 
Sementara itu, Sosialisai UU Kepemudaan dan UU Gerakan Pramuka dibuka oleh Asisten Administrasi Pembangunan Sekda, Moh. Nur Makmun,SH,MHum yang mewakili Bupati Tegal, Enthus Susmono. Menurutnya, kegiatan ini sangat tepat untuk menciptakan pemuda – pemuda yang berkarakter, berjiwa besar, inovatif, kreatif, dan berguna bagi bangsa dan Negara. “Kami berharap agar para pemuda memiliki tanggung jawab besar terhadap bangsa dan Negara sehingga mampu menghadapi segala permasalahan yang ada,” imbuhnya. 
Selain Dandim Tegal, kegiata juga menghadirkan sejumlah Narasumber yakni, Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora, Mandir Ahmad Syafii,S.Pd,MSi, Sekretaris Kwarda Pramuka Jawa Tengah, Ir Agung Suparyoko dan Peran Pemuda oleh Ketua DPD KNPI Kab. Tegal, Syamsul Falah. (HumasKwcTegal)

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top