You are here
Home > Berita Cabang > KWARCAB BANYUMAS TERUS MENAMBAH PEMBINA PRAMUKA MAHIR

KWARCAB BANYUMAS TERUS MENAMBAH PEMBINA PRAMUKA MAHIR

PRAMUKANEWS.COM | BANYUMAS : Sebanyak 55 pembina pramuka SD, SMP, SMA, dan SMK se-Kabupaten Banyumas mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD). Kegiatan yang digelar Kwarcab Banyumas bersama Dinas Pendidikan, berlangsung selama lima hari mulai Senin (21/11) sampai dengan Jum’at (25/11) di Bumi Perkemahan Kendalisada Kalibagor. 

KMD bagi pembina pramuka ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Drs. Purwdi Santosa, MM Senin (21/11) yang dihadiri oleh Kapusdiklatcab Banyumas dan Korps pelatih Kwarcab Banyumas.
Ketua Kwarcab Banyumas Drs Achmad Supartono, M.Si mengatakan, tujuan KMD adalah untuk memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina pramuka di satuan pramuka yaitu perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak dan racana pandega. 
“Setelah mengikuti KMD, peserta diharapkan memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang pramuka sehingga dapat menjadi pembina pramuka yang cakap,” kata Partono.
Partono menambahkan setelah selesai KMD, mereka diharuskan melaksanakan masa pengembangan yang disebut dengan Rencana Tindak Lanjut atau RTL. 
“Mereka diwajibkan mempraktekkan dan mengembangkan pengetahuan yang diperolehnya selama KMD guna mendapatkan pengalaman membina pada gugusdepan selama 6 bulan. Pada masa pengembangan didampingi seorang Pelatih Pembina,” tambah Partono.
Sedangkan Kepala Pusdiklatcab Drs. Hery Suprityatno, M.Pd mengungkapkan, ke 55 peserta terdiri dari 27 pembina SD, 12 pembina SMP, 10 pembina SMA dan 6 pembina SMK. 
“Selama kegiatan, para peserta mendapatkan materi dan pelatihan dari pelatih yang sudah Pusdiklatkab,” terang Hery Jum’at (25/11) disela penutupan KMD. 
Disebutkan pembina pramuka yang cakap akan bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan peserta didik sehingga tujuan gerakan tercapai. Untuk itu diperlukan pendidikan dan latihan (kursus) bagi Pembina untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam memahami materi pendidikan pramuka.
Hery menambahkan sepanjang tahun 2016, di Kwarcab Banyumas telah meluluskan 807 pembina mahir. “Belum lama ini di STAIN Purwokerto KMD diikuti ratusan pembina bahkan di Universitas Muhamadyah Purwokerto (UMP) KMD diikuti 500 lebih calon pembina pramuka,” terang Hery.
Parsito : Redaksi PramukaNews 030

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top