You are here
Home > Berita Cabang > ​PRAMUKA LAMPUNG TENGAH BERKUNJUNG KE KWARCAB BANYUMAS

​PRAMUKA LAMPUNG TENGAH BERKUNJUNG KE KWARCAB BANYUMAS

PRAMUKANEWS.COM | BANYUMAS : Gaung prestasi Gerakan Pramuka Kwarcab Banyumas rupanya sudah terdengar jauh sampai Lampung. Hal ini terlihat dari hadirnya, Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Lampung Tengah Provinsi Lampung, untuk melakukan kunjungan kerja ke Kwarcab Banyumas, Kamis (24/12/2016). Kedatangan rombongan yang dipimpin Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklatcab) Kwarcab Lampung Tengah, Hadi Subeno, diterima oleh Ketua Kwarcab Banyumas, Drs Achmad Supartono dan sejumlah pengurus di Sanggar Bhakti Pramuka Jalan Suharso Purwokerto.

Ketua Rombongan Hadi Subeno, mengatakan tujuan kunjungan kerja tersebut untuk meningkatkan tali silaturrahmi dan sekaligus meningkatkan wawasan, pengetahuan dan pengalaman dalam pengelolaan Gerakan Pramuka. Rombongan terdiri atas pengurus kwarcab, Pudiklatcab dan pengurus kwarran.
“Kami sudah mengamati dan  mendengar keaktifan serta prestasi Kwarcab Banyumas, baik melalui media sosial maupun kegiatan lomba yang diselenggarakan oleh Kwarda Jawa Tengah maupun Kwarnas,” kata Hadi Subeno
Untuk itulah dia berserta rombongan ingin mengetahui lebih dekat tentang pengelolaan Pramuka di Banyumas. “Kami hadir bersama 53 pengurus, yang terdiri dari pengurus Kwarcab, pengurus Puskiklatcab dan Pengurus Kwarran, sehingga titik kunjungan tidak hanya di Kwarcab, tetapi juga bumi perkemahan dan sampling Kwarran” tambahnya. 
Ketua Kwarcab Banyumas, Achmad Supartono mengatakan Kunjungan Kwarcab Lampung Tengah menjadi agak luar biasa, karena biasanya Kwarcab Banyumas menerima kunjungan dari Kwacab dalam satu provinsi, dan sebagaian masih kwarcab di Jawa.
Partono melanjutkan bahwa Kwarcab Banyumas, memang telah mencatatkan prestasi tergiat sampai ke 29 kali tanpa terputus di Kwarda 11 Jawa Tengah. Hal itu didukung oleh keaktifan pengurus, dalam melaksanakan kegiatan sesuai dengan administrasi kepramukaan. 
“Selain itu kami juga mendapat dukungan yang sangat luar biasa dari Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab). Bapak Bupati sebagai ketua kwarcab selalu memberi dukungan baik material maupun sprititual untuk pengembangan dan kemjuan kwarcab Banyumas,” kata Partono 
Komitmen pimpinan yang tinggi itulah yang menggerakan pengurus untuk mengabdi pada Gerakan Pramuka. “Pestasi bukan tujuan akhir kami, tetapi kami selalu ingin tampil dengan maksimal, melaui Traning Center minimal satu bulan, maka pada setiap even Banyumas menjadi perbincangan, kalau Banyumas menang itu biasa, tetapi kalau Banyumas kalah itu baru berita dan luar biasa,” canda Partono.
Partono juga menjelaskan kekuatan Kwarcab juga didukung oleh kuatnya Dewan kerja Cabang (DKC). DKC Banyumas selain mendidik pramuka penegak dan pandega, mempunyai unit khusus antara lain Pasukan Tunas Muda (PTM), Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) dan Unit Jurnalistik.
Ketua Kwarcab itu juga mempersilahkan rombongan berkunjung ke Bumi Perkemahan Kendalisada, dan Kwarran Purwokerto Utara. “Kami juga sangat senang jika kakak kakak sempatkan mampir untuk berbelanja, baik makanan khas banyumas maupun batik banyumas, untuk oleh-oleh” pungkas Partono
Acara kunjungan kerja Kwarcab Lampung Tengah diakhiri dengan penyerahan cendera mata. ketua Kwarcab Banyumas menyerahkan Majalah Tunas Satria terbitan Kwarcab dan Kudi, sedangkan Kwarcab Lampung Tengah menyerahkan ulos kepada Pimpinan Kwarcab Banyumas.
Parsito : Ancu Pers dan Media

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top