You are here
Home > Berita Gudep > Ambalan SMKN 1 Pracimantoro Mengenang Sejarah Melalui Kegiatan Pramuka

Ambalan SMKN 1 Pracimantoro Mengenang Sejarah Melalui Kegiatan Pramuka

PRAMUKANEWS.COM | Pramuka SMK Negeri 1 Pracimantoro menggelar kegiatan pelantikan Ambalan Sekaligus pengenalan Sejarah. Acara yang berlangsung selama dua hari ini menyelenggarakan berbagai macam kegiatan yaitu Giat Rutin (Upacara pembukaan dan Penutupan, Ibhadah, Makan), Giat Wawasan (Pengenalan Sejarah) dan Giat Umum (Membersihkan Monumen Sejarah) pada hari pertama, sabtu (19/11). Sementara puncak acara, Minggu (20/11) pelantikan Ambalan.

Kegiatan ini membuat peserta dan warga sekitar terkesan. Pasalnya kegiatan ini terdapat rangkaian membersihkan monumen bersejarah yang dahulu dibuat untuk menghormati pahlawan Anto Sugiarto dan Taruna Hardo Semeru yang hampir terlupkan..
Monumen yang berdiri di tengah-tengah penduduk ini keadaanya sangat tidak layak dan ditumbuhi tanaman liar. Maka seluruh anggota Gugusdepan 07.137-07.138 berinisiatif memperbaiki monumen tersebut dari membersihkan hingga pengecetan seperti dahulu monument dibuat. Mengembalikan arti fungsi dari sebuah monument.
Kegiatan yang mengusung tema Bangsa yang Besar Tidak Melupakan Sejarah ini diikuti seluruh warga Ambalan Jagalabilawa dan Dewi Larasati dan bahu membahu membuat monumen tersebut layak untuk di kunjungi sebagai pengenalan sejarah. “Saya sebagai Masyarakat yang tinggal di sekitar monument merasa senang karena anak -anak muda ini mau berbesar hati dan berbangga hati mengenalkan bahwa dilingkungan ini terdapat sejarah yang juga berperan aktif dalam kemerdekaan Indonesia” ujar warga sekitar saat di wawancara.
Selain itu, kegiatan pelantikan Ambalan ini bertujuan untuk memupuk rasa persaudaraan, persatuan, gotong royong dan Jiwa patriotisme. ( Tatang )

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top