You are here
Home > Berita Cabang > ​KETUA KWARCAB BANYUMAS MELANTIK 221 PRAMUKA GARUDA

​KETUA KWARCAB BANYUMAS MELANTIK 221 PRAMUKA GARUDA

PRAMUKANEWS.COM | BANYUMAS : Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Banyumas, Drs Achmad Supartono melantik 221 Pramuka menjadi Pramuka Garuda, Jum’at (18/11/2016) di Halaman Sanggar Bakti Pramuka Purwokerto. Mereka terdiri dari 205 Pramuka Penggalang dan 16 Pramuka Penegak. Pelantikan ditandai dengan penyematan lencana Pramuka Garuda oleh Ketua Kwarcab. 

Dalam sambutanya Ketua Kwarcab mengatakan Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda. 
Seorang peserta didik yang telah mencapai tingkatan terakhir dalam golongannya, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi Pramuka Garuda, berhak mengajukan permohonan kepada Kwartir melalui pembina gudepnya untuk dapat mengikuti uji kelayakan untuk dapat naik ke tingkatan Garuda
“Karena telah mencapai tingkatan tertinggi, Pramuka Garuda harus selalu menjadi teladan dalam lingkungannya. “Mereka harus tetap menjaga kode kehormatan pramuka dan harus menjadi teladan sesama pramuka lain,” kata Supartono 
Wakil Ketua V Bidang Abdimas dan Humas, Agus Nur Hadie, mengatakan 221 Pramuka, dinyatakan lulus menjadi Pramuka Garuda, setelah melalui serangkaian seleksi, baik segi administrasi sampai tingkat kecakapan yang di miliki setiap peserta. “Para anggota Pramuka yang dilantik berasal dari berbagai sekolah, mulai dari tingkat SMP/MTs dan SLTA” kata Agus. 
Agus menambahkan para Pramuka Garuda yang dilantik ini merupakan kader-kader terbaik hasil seleksi dari para anggota Pramuka di Banyumas. Kepada para orang tua Agus menyampaikan ucapan terima kasih karena mereka dan bersama Kwarcab dapat mendidik anak-anaknya dengan baik dan mengantarkan meraih tingkatan tertinggi. 
“Lencana Pramuka Garuda diberikan, setelah anggota Pramuka melewati pendidikan kepramukaan dan pengujian yang dilakukan oleh Tim Penguji Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Banyumas,” kata Agus. 
Hadir pada upacara pelantikan ini, Para Pengurus Kwarcab dan Andalan, Ketua Kwaran, Mabigus para undangan dan orang tua Pramuka Garuda yang dilantik. Pramuka Garuda Banyumas Berprestasi Sampai Tingkat Nasional Pembinaan Pramuka Garuda, tidak cukup sampai di Kwarcab. Kerana setiap tahunnya ada pemilihan Pramuka Garuda baik tingkat propinsi maupun nasional. 
Banyumas mempunyai catatan prestasi baik tingkat provinsi maupun nasional. 
Tahun 2016 ini salah satu Pramuka Garuda Banyumas dua orang menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi yaitu Kartika Dita dari pangkalan SMA Negeri 1 Purwokerto meraih Juara untuk Pramuka Penegak dan Anisa Azahria dari SMP Negeri I Purwokerto meraih prestasi yang sama untuk Pramuka Penggalang. 
“Bahkan Fitriani Nur Baeti, mendapat lencana teladan tingkat Nasional, yang penghargaannya diserahkan langsung dari Presiden pada upacara hari Pramuka Tingkat Nasional di Cibubur tanggal 14 Agustus lalu,” terang Agus. 
Parsito

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top