You are here
Home > Berita Cabang > ​PRAMULI BANYUMAS BEDAH RUMAH KORBAN ANGIN KENCANG

​PRAMULI BANYUMAS BEDAH RUMAH KORBAN ANGIN KENCANG

PRAMUKANEWS.COM | BANYUMAS : Pramuka Peduli (Pramuli) Kwarcab Banyumas, bersama relawan, antara lain Koramil Sumbang, Tagana Banyumas, Saka Bina Sosial Kwarcab Banyumas, Pramuka Peduli Kwarran Sumbang dan masyarakat sekitar, melakukan bedah rumah milik Sarpin (59 th) RT 02 / RW 04, Desa Sikapat Kecamatan Sumbang, Minggu (6/11/2-16).

Andalan Cabang Urusan Pramuka Peduli Heriana Ady Candra Candra, S.IP, mengatakan, rumah tersebut rusak berat akibat hujan lebat disertai angin kencang yang terjadi pada hari Jum’at, (4/11/2016) jam 17.00 WIB mengakibatkan kerusakan rumah pada bagian dapur rumah roboh dan rumah utama rusak berat.
“Kemudian BPBD, BABINSA dan Pemerintah Desa Sikapat melakukan pendataan, dengan kerugian materiil lebih kurang Rp 20 juta dan rumah induk sudah kondisi miring, kemudian rangka atap dan tiang utama sudah rapuh, dan sangat membahayakan pemilik rumah,” jelas Ady.
Untuk menghindari bahaya yang akan timbul manakala tidak dibongkar, Tim Relawan melaksanakan pembongkaran rumah tersebut. 
Rumah yang sudah dalam kondisi tidak layak dihuni mengingat bagian dapur sudah roboh, dan ruang tamu serta kamar tidur bagian rangka atap sudah rapuh semua. Menurut Ady upaya yang dilakukan oleh Pramuka Peduli adalah salah satu tugas dan kewajiban yang melekat pada diri setiap anggota Pramuli guna membantu masyarakat yang tertimpa musibah. 
Dengan intensitas kejadian yang cukup tinggi, Ady berharap semua Kwartir Ranting memiliki relawan yang tergabung dalam Pramuka Peduli atau relawan lain yang siap membantu korban bencana. “Bagi Kwaran yang sudah terbentuk Pramuli ketika ada musibah, masing – masing wilayah dapat dengan cepat mengatasi sendiri kondisi tersebut ,” lanjut Ady Candra.
Kegiatan pembongkaran selesai pada pukul 15.30 WIB, selanjutnya karena bahan material pendirian kembali rumah tersebut belum datang, maka untuk proses pembangunan kembali rumah tersebut akan dilakukan setelah dimusyawarahkan oleh warga sekitar. 
“Untuk sementara Pak Sarpin dan keluarga mengungsi ke rumah adik kandungnya yang rumahnya tidak jauh dari rumah beliau,” punkas Ady.
Edit : Parsito Tommy  Ancu Pers dan Media

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top