You are here
Home > Berita Ranting > ​80 Regu Ikuti LT II Kwarran Purwokerto Selatan

​80 Regu Ikuti LT II Kwarran Purwokerto Selatan

PRAMUKANEWS.COM | PURWOKERTO : Sebanyak 80 regu pramuka penggalang mengikuti Lomba Tingkat II (LT II), Sabtu-Minggu (5-6/11/2016) di Lapangan Kelurahan Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan. Mereka berasal dari 33 Pangkalan SD/MI dan 7 Pangkalan SMP/MTs se Kwarran Purwokerto Selatan. Acara dibuka oleh Ketua Mabiran Alex Manurung Sabtu (5/11/2016) dan ditutup oleh Ketua Kwarran Purwokerto Selatan Dra H Munidah, M.Si, Minggu sore (6/11/2016)

Munidah mengatakan tujuan LT adalah untuk evaluasi dan meningkatkan kwalitas pendidikan pramuka dengan kegiatan yang menarik, gembira dan bermanfaat. 
“Kegiatan ini akan membentuk karakter generasi muda, agar menjadi generasi yang tangguh memiiliki rasa percaya diri, sopan santun dan disipilin tinggi untuk membentengi diri di era globalisasi,” katanya.
Menurut Munidah, dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, menjadikan anak didik, menjadi pintar, namun  hanya pemuda yang berkarakter yang dapat bersaing dimasa mendatang. Melalui lomba, anak didik dilatih untuk berkreatifitas, meningkatkan motivasi dan membiasakan kompetisi.
Munidah, menambahkan LT II juga meningkatkan persatuan anggota pramuka pengalang, terciptanya sistem pembinaan pramuka, menanamkan jiwa dan semangat sportifitas, solidaritas, kedisiplainan serta meningkatkan kemampuan, keterampilan dan kecakapan pramuka penggalang.
“Pemenang lomba tingkat II akan menjadi peserta atau utusan kwartir ranting Purwokerto Selatan pada Lomba Tingkat III Kwartir Cabang Banyumas,” tambahnya. 
Ketua Panitia Drs DJaswito, mengatakan selama 2 hari perserta mengikuti 16 mata lomba. Hari pertama peserta mengikuti lomba kepribadian (Kelengkapan pakaian seragam pramuka), pionering, langkah pramuka, kolone tongkat, PBB, pentas seni dan pidato. “Untuk penggalang SMP pidato berbahasa Inggris,” katanya.
Sedangkan hari kedua ada lomba pengetahuan pramuka dan umum, haling rintang, menaksir, sandi, pertolongan pertama, Kim Spell, yel yel regu, serta semaphore dan morse. “Semua peserta juga mengikuti bakti sosial dengan mengisi bumbung kemanusiaan,” tambah DJaswito.
Anggi Siswa Isnaeni dari SD Negeri 1 Karengklesem mengaku senang bisa mengikuti lomba ini. “Meningkatkan kepercayaan diri, memupuk kebersamaan dan kedisiplinan diantara para  peserta,” katanya. 
Hasil lomba Tingkat II Kwarran Purwokerto Selatan untuk kelompok  pengalang SD Putra Tergiat 1 SDN 1 Purwokerto Kidul, Tergiat 2 SD N 4 Karangpucung dan Tergiat 3 SD N 1 Teluk. Sedangkan untuk regu putri Tergiat 1 SD N 2 Karangpucung, Tergiat 2 SDN 4 Karangpucung dan Tergiat 3 SD N 1 Tanjung.
Untuk kelompok SMP Putra Tergiat 1 SMP N 7 Purwokerto, Tergiat 2 SMP N 5 Purwokerto dan Tergiat 3 SMP Maarif 3 Purwokerto.  Untuk regu putrid SMP Tergiat 1 SMP N 7 Purwokerto, Tergiat 2 SMP N 5 Purwokerto dan Tergiat 3 SMP Dipo 3 Purwokerto.
Parsito Tommy Ancu Pers dan Media

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top