You are here
Home > Berita Cabang > ​Kwarcab Banyumas Gelar Pelatihan Manajerial Pramuli

​Kwarcab Banyumas Gelar Pelatihan Manajerial Pramuli

PRAMUKANEWS.COM | BANYUMAS : Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Banyumas terus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman manajemen penanggulangan bencana bagi angota Pramuka Peduli. Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari Sabtu-Minggu (22-23/10/2016) di Balai Desa Limpakuwus Kecamatan Sumbang.

Andalan Cabang Urusan Pramuka Peduli (Ancu Pramuli), Heriana Ady Candra mengatakan bahwa pelatihan diikuti 24 anggota pramuli perwakilan Kwaran dan Saka serta 16 pramuka penggalang Calon Dewan Pengalang SMP N 5 Purokerto. “Tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman manajemen penanggulangan bencana, mengingat Banyumas termasuk wilayah high risk terhadap ancaman bencana,” katanya.
Dijelaskannya, materi pelatihan mencakup penanggulangan bencana dengan pengetahuan pada fase pra, saat, dan pasca bencana. Di samping itu ada materi bencana meliputi konsepsi bencana, karakteristik bencana, prinsip dasar penanggulangan bencana. “Peserta juga dilatih manajemen informasi dan komunikasi dan penggunaan radio komunikasi,” jelasnya.
Wakil Ketua V Bidang Humas dan Abdimas Agus Nur Hadie mengatakan selayaknya anggota pramuka peduli memiliki kualitas pemahaman terhadap substansi kebencanaan secara menyeluruh sehingga meningkatkan kinerja dalam melakukan bantuan kebencanaan. 
“Peserta diharapkan mampu memahami dan menerapkan dasar manajemen penanggulangan bencana dengan baik dan benar, yang lebih penting adalah mereka mengimplementasikan dan menyebarluaskan ilmunya di kwarran masing masing,” ujarnya.
Agus menambahkan Banyumas memiliki potensi bencana tanah longsor dan banjir. “Walaupun kita tidak pernah berharap adannya bencana itu, karena mempunyai potensi, kemungkinan bencana itu terjadi maka kita harus peduli dengan meningkatkan kewaspadaan pada diri seorang pramuka, karena sejatinya setiap pramuka itu sudah mempunyai sifat kepedulian,” tambahnya.
Karsum salah satu peserta dari Kwarran Jatilawang mengaku sangat beruntung dapat mengikuti kegiatan ini. “Namun akan lebih baik pelatihan semacam ini juga dilakukan sampai kecamatan bahkan desa,” katanya.
Parsito

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top