You are here
Home > Berita Gudep > ​Suara Alumni: Gerakan Pramuka Darul Ulum Banyuanyar Siap Gelar PARISADA XIII 2016

​Suara Alumni: Gerakan Pramuka Darul Ulum Banyuanyar Siap Gelar PARISADA XIII 2016

PRAMUKANEWS.COM | PAMEKASAN – Di tengah ditemukannya banyak masalah kebangsaan di kalangan kaum muda pada saat ini, seperti, menurunnya semangat kebangsaan, longgarnya ikatan persatuan dan kesatuan Indonesia, serta minimnya tekad bela Negara, diakui peranan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentuk kader bangsa yang tangguh, sungguh sangat menentukan. Melalui kegiatan kepramukaan yang inti pokoknya menanamkan nilai-nilai kewajiban terhadap Tuhan, terhadap Negara, terhadap sesama serta terhadap diri sendiri, seperti yang tercantum dalam Tri Satya dan Dasa`Darma, akan dapat dibentuk kaum muda dengan watak, kepribadian, dan pekerti yang andal sebagai kader penerus bangsa pada masa depan.

Terlepas dari semua itu, berbagai pihak menyadari pentingnya peranan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan karakter kaum muda di tanah air. Di mana saat ini sudah banyak ditemukan masalah sosial di kalangan kaum muda khususnya, seperti kenakalan remaja, penggunaan obat terlarang, hubungan seksual di luar nikah serta perkelahian remaja, diakui atau tidak, bahwa peranan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembaharuan dalam membentuk prilaku sosial kaum muda yang positif, sungguh sangat menentukan.
Dengan aktif mengikuti kegiatan kepramukaan seperti Pekemahan yang di dalamnya terdapat banyak kegiatan-kegiatan yang menarik, menantang, edukatif dan rekreatif. Kaum muda sebagai kader penerus Indonesia bukan saja dapat terhindar dari berbagai masalah sosial, akan tetapi yang paling penting, mereka dapat berperan aktif dan ikut serta dalam mencegah meluasnya berbagai macam masalah sosial kaum muda tersebut, baik secara khusus maupun secara umum.
Gerakan Pramuka Darul Ulum (DU) Gugusdepan 963, Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan Madura sejak awal berdirinya (tahun 1995) sudah banyak menorehkan berbagai prestasi, baik itu di tingkat Madura, Jawa Timur, bahkan sampai pada tingkat Nasional. Pembuktian semacam itu sudah pasti menjadi hal lumrah bagi setiap tatanan ataupun instansi kelembagaan sampai sejauh ini. Pramuka DU sendiri tak hanya ikut serta dengan menjadi bagian dari sebuah musabaqah (lomba) kepramukaan, mereka juga mempunyai wadah khusus dalam mengembangkan setiap potensi yang ada pada setiap anggotanya dan bagi Gugusdepan yang ada pada setiap lembaga yang lain. Dalam hal ini Gerakan Pramuka DU Banyuanyar mempunyai agenda khusus pada setiap tahunnya, salah satu agenda terbesar Pramuka DU adalah PARISADA. Namun, di samping itu juga Pramuka DU juga mempunya agenda lain yang biasa dikenal dengan BASCOME (Banyuanyar Scout Meeting) yang didalamnya di isi dengan Pertemuan Pramuka Tingkat Penggalang (PETILANG) dan EJAS.COM dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang terdapat di Gerakan Pramuka DU Banyuanyar.
Sebagai bagian dari Alumni Gerakan Pramuka DU Banyuanyar yang terhimpun dalam sebuah organisasi THEBASCO (The Assosiation of Ex Banyuanyar Scout) tentu kami sangat bangga dengan perkembangan dan kemajuan Pramuka DU sampai saat ini. hal ini sangat sesuai dengan apa yang menjadi tugas kami sebagai alaumi untuk selalu ikut serta dalam memeriahkan dan mengapresiasi setiap agenda-agenda besar maupun kecil yang berkaitan dengan perkembangan Pramuka DU ke depan. Salah satu yang menjadi bagian dari alasan kami, dengan Mengutip pesan dari salah satu mantan Pembina Pramuka DU Banyuanyar, Kak Jufriadi Sholeh yang isinya “Tingkatkan Kebersamaan demi Tegak dan Majunya Gerakan Pramuka Banyuanyar.” Artinya, di manapun kita berada, selagi kita masih bisa dan dapat meluangkan waktu untuk sekedar membatu memberikan kontribusi, baik secara fisik, moril, pemikiran bahkan materi, untuk mereka (adik-adik) yang masih aktif di Gugusdepan maupun kepada mereka (Alumni) yang dengan ikhlas mengabdikan diri di Gerakan Pramuka DU Banyuanyar sampai saat ini.
Dengan mengucap Alhamdulillah, bersyukur dengan bangga sebagai bagian dari Keluarga Besar Gerakan Pramuka DU Banyuanyar, karna pada tahun ini kegiatan “Perkemahan Ajang Silaturrahim dan Persahabatan” (PARISADA) kembali akan digelar pada tanggal 08 s/d. 10 Nopember 2016 bertempat di Bumi Perkemahan Karang Taruna Plakpak Pegantenan Pamekasan. PARISADA tahun ini merupakan gelaran yang ke-XIII dengan mengangkat tema “Bersua, Berkarya, Bermanfaat, Asyik”. (PARISADA XIII) Se-Madura plus merupakan wadah perkumpulan Pramuka Penggalang putera se-Madura Plus dengan tujuan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT., meningkatkan ilmu pengetahuan tentang kepramukaan dan pendidikan umum, guna mempersolid ikatan silaturrahim antar sesama Pramuka, serta dapat memenuhi wawasan pokok dan fungsi dari Satya Dharma Pramuka, dengan menjadi bagian dalam mencetak generasi yang siap menjadi amunisi dari investasi Sumber Daya Manusia.
Melalui tulisan sederhana ini, kami ucapkan selamat dan sukses kepada seluruh Kakak-Kakak Sangga Kerja (panitia) PARISADA XIII. Besar harapan, semoga acara demi acara mengalir dengan lancar hingga lebih baik lagi dari PARISADA pada tahun-tahun sebelumnya. (Fauzi E)
Info Pendaftaran Hubungi;

Kak Satrana (0819-3839-3227)

Kak Faisol (0823-1067-7626)

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top