You are here
Home > Berita Gudep > Pramuka SMA 1 Slawi Juara Kemah Budaya

Pramuka SMA 1 Slawi Juara Kemah Budaya

PRAMUKANEWS.COMSLAWI – Pramuka SMA1 Slawi meraih juara I kemah budaya permuseuman dan kepurbakalaan tingkat Kabupaten Tegal yang diselenggarakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, di Bumi Perkemahan UPTD I Cacaban, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal pada 27-29 September 2016 lalu.

 

Dalam kegiatan itu, SMA 1 Slawi mengirimkan lima anggota Pramuka putri, yakni Iendy Ainur Rakhman kelas XI-9, Inda Nadhifa kelas XI-8, Faiqoh Nadiah Apriliana kelas XI-1, Nabilah Windy Pradipta kelas XI-1 dan Dwi Ayu Lestari kelas XI-1.

 

Kepala SMA 1 Slawi, Dra Mimik Supriyatin melalui Pembina Pramuka, Nenny Dwi Agustini, SH mengatakan, Pada kemah budaya tersebut, peserta dari SMA 1 Slawi mendapatkan nilai total tertinggi pada tiga lomba yang diikuti. Yakni, lomba kreativitas seni budaya atau lomba tari Kuntulan, yel-yel tentang sejarah dan budaya Kabupaten Tegal dan mencari jejak (wide game).

 

”Sesuai dengan ketentuan, dalam kemah budaya ini, peserta diwajibkan memainkan tari Kuntulan yang merupakan salah satu tari tradisional khas Tegal,”katanya kemarin.

 

Meraih juara I, menurut Nenny dan kelima anak didiknya, adalah sesuatu yang tak disangka sebelumnya. Sebab, baru tahun ini sekolahnya mengirim peserta untuk mengikuti kemah budaya.Persiapan peserta untuk ikut kegiatan itu juga sangat singkat. Jadi prestasi ini tidak disangka sebelumnya,” ungkapnya

 

Sebagai pembina, Nenny mengaku salut pada anak didiknya. Mereka rela tidak mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) yang sedang berlangsung demi ikut kemah budaya. ”Saya salut dengan mereka, di tengah kemah, masih membawa buku pelajaran dan melakukan belajar kelompok di tenda untuk persiapan mengikuti UTS hari berikutnya dan susulan,” ujar Nenny.

 

Iendy Ainur Rakhmah, salah satu siswa yang ikut kegiatan tersebut mengatakan, dia dan empat temannya hanya mempunyai waktu seminggu untuk berlatih tari Kuntulan. 


Beruntung, mereka berlima sudah tak asing dengan tari tersebut. Selama seminggu berlatih, hanya sekali saja mereka dilatih oleh guru tari dari luar sekolah. ”Saat duduk di SD kami sudah pernah menari Kuntulan. Jadi, sudah tak asing lagi,” jelas Iendy.

 

Menurut Iendy, menjadi peserta dalam kemah budaya, memberikan pengalaman luar biasa. Tak hanya mendengar ceramah tentang kepariwisataan , kepurbakalaan, budaya dan kesenian dari jajaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tegal, pada acara itu, mereka juga diajak eksplorasi ke Makam Amangkurat I atau Sri Susuhunan Amangkurat Agung di Desa Pesarean, Kecamatan Adiwerna dan ke Museum Semedo.

 

Dari hasil penilaian juri, setelah SMA 1 Slawi, tampil sebagai juara II SMK 1 Slawi, juara III SMA 1 Pangkah, juara harapan I SMA3 Slawi, harapan II SMA 2 Slawi, harapan III SMA 1 Kramat, harapan IV SMK 2 Slawi dan harapan V SMA1 Dukuhwaru. (Humas Kwarcab)

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top