You are here
Home > Berita Ranting > ​Regenerasi Kader Harus Terwujud di LT II Kawali

​Regenerasi Kader Harus Terwujud di LT II Kawali

PRAMUKANEWS.COM | Dalam kepramukaan, segala bentuk kegiatan tidak lepas dari proses kaderisasi dan regenerasi , begitu halnya yang terjadi di Lomba Tingkat Kwartir Ranting Kawali, yang berlangsung pada tanggal 27-29 September 2016.

Kegiatan Lomba Tingkat diikuti oleh 40 Pangkalan Pramuka Penggalang di Kwartir Ranting Kawali rata-rata per Pangkalan diwakili oleh 8 orang total ada 640 Pramuka Penggalang Putera dan Puteri yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.
“Dengan adanya kegiatan Lomba Tingkat diharapkan ada peran serta pembina dalam mewujudkan kaderisasi yang nyata di Kepramukaan, bukan hanya setelah lepas LT proses itu hilang” ujar Kak Umar Selaku Waka Bina Muda Kwarran Kawali
Proses Kaderisasi dan regenerasi dianggap sangat penting dalam berlangsungnya kegiatan kepramukaan, karena disini bisa terlihat seberapa jauh jumlah peserta ( Kuantitas ) Pramuka siaga, penggalang ataupun penegak di suatu pangkalan. Kaderisasi disiapkan untuk membentuk dan mengarahkan seberapa besar kualitas yang dimiliki oleh setiap Gugus Depan maupun Kwartir.
” Dengan adanya Lomba Tingkat, kita bisa mengukur seberapa jauh kualitas kita disini diharapkan ada proses tadi regenerasi dan kaderisasi yang baik ” Lanjut Kak Umar
Pernyataan ini selaras dengan pesan dari Ketua Kwarcab Pramuka Ciamis Kak. Drs. H. Iing Syam Arifien saat meninjau lokasi Lomba Tingkat di Astana Gede pada Rabu Sore.
“Bukan Pramuka yang membuat seseorang menjadi orang sujses, tapi proses dalam kepramukaan yang mencakup regenerasi dan kaderisasi yang baik, bisa menjadikan seseorang menjadi orang sukses” Iing Syam Arifien
Untuk melakukan program itu, lanjut Umar kegiatan Lomba Tingkat dikemas menarik walau dalam pelaksanaan terkendala cuaca hujan yang turun, banyak agenda yang terlambat untuk terealisasi, tapi pihak panitia pelaksana mengantisipasi kegiatan yang “delay”. Berkat dukungan  dari pembina, panitia dan Dewan Kerja. Dewan Kerja sebagai Sangga kerja dalam kegiatan ini menjadi contoh awal kaderisasi kepramukaan di Kwartir Ranting Kawali.
Pungkas Umar, ” semoga kedepan ini bukan hanya sekedar event saja, tapi semoga tercetak kader pramuka yang sukses, menimba pengalaman di Pramuka dan siap membangun bangsa “.
– Nandi –

Redaksi 029 – Ciamis

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top