You are here
Home > Berita Gudep > ​Pusaka “Mandi”, Bagian Peringatan HUT Ambalan

​Pusaka “Mandi”, Bagian Peringatan HUT Ambalan

PRAMUKANEWS.COM | Beberapa hari yang lalu, Objek wisata Curug tujuh kembali ramai dengan deretan kacu merah putih yaitu “Barudak Pramuka” kenapa demikian? karena seluruh tamu Ambalan Adipati Singacala dan Citraresmi berkumpul untuk memperingati hari ulang tahun Ambalannya yang ke 36 tahun.

Kenapa memilih Curug Tujuh sebagai Tempat Upacara dan Peringatan Hari Ulang Tahun Ambalan , dipilihnya Curug Tujuh sekaligus untuk mempromosikan Aset Objek Wisata yang ada di Kabupaten Ciamis dan memperkenalkan kepada Masyarakat bahwa Pramuka itu penting untuk Implementasi Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.
“Ini sudah menjadi agenda, kegiatan disini dan saya lihat ini sangat antusias peserta nya” ujar Ahmad Kholil selaku Ketua Sangga Kerja.
Para peserta sangat antusias sekali untuk mengikuti kegiatan ini terbukti pada tahun ini angka partisipasi mencapai 92 persen daripada tahun sebelumnya, terlihat semangat peserta yang sudah berkumpul pukul 6.15 WIB di Kampus SMAN Negeri 1 Kawali, selanjutnya peserta diberangkatkan menuju Objek Wisata Curug Tujuh menggunakan Kendaraan Roda Empat, Setibanya di Objek Wisata peserta tadzabur alam atau mengenal alam dengan Berjalan kaki dari Pintu utama menuju Bumi Perkemahan Cibolang yang tidak jauh dari Pintu Utama.
Kurang lebih ada 380 peserta yang hadir dalam kegiatan ini, mereka sangat senang mengikuti kegiatan ini walau lelah mendera semangat tetap membara dikala peserta bersama sama menuju Objek Wisata Curug Tujuh, dentuman air terdengar, hembusan air membasahi tubuh yang lelah, tiba saatnya upacara peringatan dengan membersihkan pusaka Ambalan, bertindak sebagai Pembina Upacara , Kak Nurita berpesan ” kegiatan ini bukan artian menyembah atau mengagungkan pusaka, tapi ini sekedar tradisi dan budaya, jangan salah pemahaman , saya kira adik adik bijak dalam menyikapi ini ” 
Setelah kegiatan di Curug / Air Terjun peserta kembali menuju Bumi Perkemahan untuk melakukan tanda tangan bukti kecintaan siap menjadi kader Generasi muda yang baik, peserta langsung mengikuti tukar kado antar sesama peserta. Dipimpin oleh Kakak Dewan Ambalan dan pembina.
Untuk kegiatan ini sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun, dan kegiatan ini tidak pernah sepi dari peran serta Purna, Pembina, yang selalu hadir dalam setiap kegiatan Ambalan,
Setelah kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun Ambalan di Curug Tujuh, akan dilaksanakan Kunjungan Ambalan di Situs Cagar Budaya Astaga Gede yang dimana terdapat Tokoh Sejarah yang namanya di Abadikan oleh Pangkalan SMAN 1 Kawali yakni Ambalan Adipati Singacala dan Citraresmi, pada bulan November yang akan datang.
( Nandi – Ciamis )

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top