You are here
Home > Berita Nasional > Rebranding Jadikan Pramuka Tren Baru

Rebranding Jadikan Pramuka Tren Baru

JAKARTA – Indonesia pernah dijuluki negara dengan jumlah anggota pramuka terbesar di dunia. Diperkirakan, ada lebih dari 20 juta anggota pramuka se-Tanah Air. Karena itulah, gerakan ini memiliki potensi besar untuk membantu pemerintah mewujudkan revolusi mental.

Wakil Ketua Umum Kwartir Nasional Pramuka, Marbawi Azis Katon mengatakan, visi terkini gerakan pramuka adalah mencanangkan Scout for Change. Dengan demikian, transformasi gerakan pramuka pun bertujuan untuk menjadikan kegiatan pramuka kembali menjadi kanal utama dalam membentuk pribadi generasi-generasi muda Indonesia sebagai motor penggerak perubahan negara ke arah yang lebih baik.

“Tujuan awalnya adalah membentuk orang survive, gerakan pramuka juga harus menyatu dan berbaur kepada masyarakat. Oleh karena itu, anak-anak sekarang dalam gerakan pramuka harus dibekali untuk siap dalam perubahan masyarakat,” ujar Marbawi, melalui video conference dalam acara diskusi hasil Focus Group Discussion (FGD) tentang gerakan Pramuka, di Auditorium Kwarnas Gerakan Pramuka, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (31/12/2014).

Marbawi melanjutkan, tak hanya transformasi, gerakan pramuka juga melakukan rebranding agar pramuka dapat menjadi sebuah tren baru. Guna mendukung visi ini, maka pada 28 November hingga 11 Desember lalu, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka melakukan penelitian kualitatif di enam kota, yaitu Medan, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, dan Makassar mengenai perlunya transformasi dan rebranding gerakan pramuka. Penelitian tersebut menggunakan focus group discussion (FGD) sebagai metode pengambilan data utama dan dilengkapi wawancara mendalam sebagai metode pengumpulan data sekunder.

“Hasil temuan utama dari seri FGD dipresentasikan dan didiskusikan dalam kegiatan seminar diseminasi hasil FGD enam kota pada 31 Desember 2014. Temuan utama yang jadi bahasan paling menarik adalah mendesaknya pramuka untuk lebih berkomunikasi dan melakukan sosialisasi kegiatan-kegiatannya, serta perubahan yang terjadi di dalamnya,” ucapnya.

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top