You are here
Home > Berita Nasional > Pramuka Tetap Ekstrakurikuler Wajib

Pramuka Tetap Ekstrakurikuler Wajib

JAKARTA – Mayoritas sekolah tetap memakai Kurikulum 2013 (K-13). Meski Kemendikbud sudah mencabut dan menggantinya dengan kurikulum Lama, Kwarnas Gerakan Pramuka berharap Pramuka tetap menjadi ekstrakurikuler wajib di setiap jenjang sekolah. Yaitu, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK.Hal itu dikatakan Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault.

Menurut dia, kebijakan pemerintah tersebut merupakan bagian dan konsekuensi dari UU Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Yakni, memasukkan pendidikan kepramukaan ke dalam K-13 sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib.
Adhyaksa menuturkan, dengan segala keterbatasan, amanah itu tidak mudah dilaksanakan gerakan pramuka dengan sebaik-baiknya.
Tingginya antusiasme siswa untuk mengikuti kegiatan tersebut seharusnya menjadi gambaran. ”Pramuka harus mendapat dukungan penuh dari semua pihak,” tegasnya pada Seminar Hasil Penelitian Pusdlitbangnas Gerakan Pramuka tentang syarat kecakapan umum (SKU), kursus mahir dasar (KMD), dan ekskul wajib di Kantor Kwartir Nasional, Jakarta Pusat.

Kepala Puslitbangnas Kwartir Nasional Nana Mulyana menambahkan, hasil penelitian menyebutkan, kepala sekolah yang menjabat majelis pembimbing gugus depan (mabigus) diminta untuk sepenuhnya mendukung kegiatan pramuka sebagaimana yang diamanatkan pemerintah.

Dalam seminar itu, lanjut Nana, ada beberapa poin penting yang perlu ditindaklanjuti dan diperhatikan semua pihak. Di antaranya, ketersediaan sarana prasarana. Misalnya, sekretariat dan lapangan latihan belum banyak, serta belum memilikikit gudepyang lengkap. Kalaupun ada, kondisinya tidak sesuai dengan jumlah peserta didik.

Artinya, tambah Nana, rasio pembina dan peserta didik terlalu besar sehingga pembinaan dan sistem among kurang efektif. Karena itu, gerakan pramuka berharap ke depan semua pihak memberikan dukungan penuh kepada pembinaan generasi muda bangsa melalui pramuka.

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top