You are here
Home > Berita Nasional > Bina Generasi Muda, MPR Berharap pada Pramuka

Bina Generasi Muda, MPR Berharap pada Pramuka

JAKARTA – World Organization of the Scout Movement (WOSM) sebagai organisasi dunia non-pemerintah yang menaungi gerakan kepanduan di seluruh dunia. Tercatat bahwa Pramuka Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah anggota Gerakan Pramuka terbesar di dunia. Sebanyak 22 juta anggota Gerakan Pramuka tersebar di seluruh Indonesia.
Jumlah sebesar ini bisa dikatakan sangat membanggakan dan potensial bagi kita karena ini menjadi tugas dan tanggungjawab seluruh stakeholder, baik Kwarnas Gerakan Pramuka, Pemerintah, dan masyarakat dalam rangka membentuk generasi muda yang berkarakter, tumbuh rasa cinta tanah air dan jiwa nasionalisme serta mencetak pemimpin bangsa di masa yang akan datang.
Ini lah yang menjadi agenda penting kunjungan Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid ke Kwarnas Gerakan Pramuka diterima langsung oleh Adhyaksa Dault, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka di gedung Kwarnas , Jalan Medan Merdeka Timur No.6 Jakarta Pusat.
Dalam kunjungannya, Hidayat Nur Wahid menyampaikan bahwa dulu DIRINYA ikut aktif dalam pramuka sejak Sekolah Dasar (SD), di Pondok Pesanten Modern Gontor, hingga saya kuliah di Timur Tengah dan orangtuanya dulu adalah seorang Pembina Pramuka.
“Saya juga pernah mengikuti Kursus Mahir Dasar (KMD), menjadi Pembina Pramuka dan kunjungan ini bagian dari nostalgia sekaligus apresiasi yang luar biasa bagi pramuka,’’ ucap Hidayat Nur Wahid
MPR RI sebagai satu-satunya lembaga yang oleh negara diberi tugas untuk melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dan generasi muda terkait dengan konstitusi antara lain tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.
“Saya yakini bahwa Pramuka sebagai wadah generasi muda yang strategis dan potensial dalam rangka sosialisasi terkait dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika. Dan juga cara untuk sosialisasi lebih membumi karena Pramuka kegiatannya amat sangat membumi, dan amat sangat fun bagi anak muda,’’ ujar Hidayat.
“Dalam kunjungan ini saya bermaksud ingin mengadakan kerjasama/MoU antara MPR RI dan Kwarnas Gerakan Pramuka terkait dengan sosialiasai tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Dan akhir bulan Januari 2015 MoU dapat segera ditandatangani dan bulan Februari kegiatan sosialisasi ini sudah bisa dilaksanakan,’’ ujar Hidayat.
Hadir mendampingi Ka. Kwarnas Gerakan Pramuka para Wakil ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, antara lain Yudi Suyoto, Sekretaris Jenderal; Rafli Effendy, Waka Kwarnas Bidang Badan Usaha Milik Gerakan Pramuka; Abdul Shobur, Waka Kwarnas Bidang Lingkungan hidup; Lydia Freyani Hawadi, Waka Kwarnas Bidang Binawasa; Suryadi, Waka Kwarnas Bidang Binamuda; Kodrat Pramudho, Waka Kwarnas Bidang Orgakum; Fahmi Assegaf, Andalan Nasional bidang Orgakum; dan Indoreyano, Andalan Nasional Bidang Hubungan Luar Negeri. (irz)

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top