You are here
Home > Berita Daerah > Raida V Sumbar Tahun 2014 Resmi Ditutup

Raida V Sumbar Tahun 2014 Resmi Ditutup

PADANG, BeritAnda – Raimuna Daerah (Raida) V Sumbar tahun 2014 yang digelar dari tanggal 21 hingga 26 Desember 2014 dan diikuti sekitar 1.200 lebih anggota pramuka yang terdiri dari peserta didik, pimpinan kontingen, pembina pendamping (bindamping) yang berasal dari 19 kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Sumbar dan kontingen partisipasi dari Kwartir Ranting (Kwaran) Mandau, Bengkalis Riau telah berakhir dan ditutup secara resmi oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Kamabida) sekaligus Kakanwil Departemen Agama Provinsi Sumbar, Syahrul Wirda, Jumat (26/12/2014), di Bumi Perkemahan Padang Besi, Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang.

Syahrul Wirda mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang kreatif dan inovatif. Dengan adanya kegiatan pramuka tersebut, sekaligus untuk melatih mental dan jiwanya agar tumbuh berkembang menjadi berkarakter kreatif dan positif serta mempersiapkan dirinya menjadi warga maupun pemimpin yang baik kedepannya.

Sejumlah kegiatan yang ada dalam pramuka ini merupakan salah satu modal bagi para generasi muda, sehingga potensi dan bakat yang mereka miliki dalam dunia kepramukaan nantinya menjadi modal utama untuk amal bakti kepada masyarakat.“Setelah mereka keluar atau lulus dari aktifitas belajar dan mengajar di sekolah, maka potensi yang telah dimiliki dalam kepramukaan dapat diaplikasikan di tengah-tengah masyarakat,” kata Syarul Wirda ke BeritAnda.com usai menutup resmi rangkaian kegiatan Raida V Sumbar tahun 2014.
Sementara itu Humas Pramuka Wahyudi Agus menambahkan, bahwa pramuka adalah tempat untuk menciptakan para generasi muda menjadi warga negara yang bermoral tinggi, sehat mental fisiknya dan mengabdikan dirinya bagi masyarakat, bangsa dan negara.
Lanjutnya, kegiatan pramuka ini adalah merupakan kegiatan yang menarik dan mengandung pendidikan bagi anak-anak, remaja dan pemuda. Selain itu, pramuka merupakan alat (means) bagi masyarakat, Negara atau organisasi untuk mencapai tujuannya.
“Gerakan kepramukaan sebagai organisasi pendidikan, tidak dan harus menjadi bagian atau mewakili partai politik , organisasi apapun. Namun, para pramuka didorong untuk memberikan pengabdian yang konstruktif kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ujarnya.
Kegiatan Raida V Sumbar tahun ini berhasil digelar dan meriah dengan rentetan kegiatan jelajah kota, wisata, jelajah alam, pengenalan saka, corve, diving, water recue, messenger of peace, bhakti buper, protokoler, jurnalistik, fotografi, serta sosialisasi penanggulangan bencana dan pengenalan satwa liar. Disamping itu para peserta juga diikutsertakan gebyar masakan minang, permainan anak nagari dan kewirahusahaan. (St)

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top