You are here
Home > Berita Gudep > Pramuka AMIKOM Purwokerto Lakukan Bersih Gunung Sindoro

Pramuka AMIKOM Purwokerto Lakukan Bersih Gunung Sindoro

BANYUMAS (KRjogja.com) – Sedikitnya 25 anggota Pramuka (Racana) Sekolah Tinggi Informatika Manajemen Ilmu Komputer dan Akademi Manajemen Informatika Komputer (STIMIK AMIKOM) Purwokerto baru saja pulang ke kampus, Selasa (24/3/2015) setelah selama 2 hari sebelumnya sukses mengadakan kegiatan Bersih Gunung Sindoro.

“Kami baru saja melaksanakan kegiatan mengkampanyekan budaya bersih dan peduli alam, khususnya di Gunung Sindoro” kata Muhammad Mahfud Sidiq, koordinator kegiatan Bersih Gunung tersebut, Rabu (25/3/2015).
Ia mengatakan, pendakian Gunung Sindoro yang berketinggian 3.153 meter tersebut ditempuh melalui jalur pendakian Kledung. Selain pendakian dan wisata hiking, kegiatan tersebut bertujuan untuk pengamalan Dasa Darma Pramuka yang kedua, yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.

“Disini para anggota pramuka benar-benar diuji untuk mencintai alam, dan meninggalkan ego dengan tetap menjaga keutuhan tim di tengah medan yang terjal dan cuaca hujan dan petir,” kata Mahfud Sidiq.

Mahfud menjelaskan, kegiatan yang mengusung tema “Baktiku Negeri Untuk Zamrud Katulistiwa” berlangsung lancar tanpa ada kendala kesehatan atau lainnya pada peserta. “25 anggota pramuka kampus STIMIK AMIKOM Purwokerto ini langsung mendapatkan sertifikasi tanda kecakapan khusus (TKK) penjelajahan gunung. Dengan kegiatan tersebut, selain sebagai ajang latihan kemahiran dalam kecakapan menjelajah gunung, peserta juga bisa melihat, merasakan kondisi alam yang harus dijaga kelestarianya sehingga bisa mensosialisasikan kepada para pendaki lainnya agar selalu menjaga kebersihan gunung,” jelasnya.

Salah seorang pserta, Abdul Najib, mengatakan, sebelum mendaki, setiap peserta diwajibkan membawa 1 bibit pohon, 2 polibag untuk bersih gunung. “Kami diwajibkan bisa mengisi kegiatan yang memberi manfaat untuk alam dan juga pengalaman untuk para pemula pendaki gunung. Setelah bibit pohon hutan ditanam dalam perjalanan mendaki, saat turun gunung peserta wajib mengambil sampah gunung dimasukkan dalam 2 polibag yang dibawa oleh masing-masing peserta, kemudian dibuang pada tempatnya saat sudah di Kledung” tandasnya.(Ero)

pramukanews
Pramuka News - Portal Informasi Pramuka Indonesia: Kami mengharapkan agar website ini dapat menjadi Media Informasi berbagai kegiatan kepramukaan , mulai dari tingkat Gudep sampai nasional.
Top